Jenis Ikan Hias Air Tawar dan 7 Faktanya

Di indonesia sangat banyak sekali jenis jenis ikan karena merupakan negara perairan. Terlebih lagi ikan hias, cukup banyak sekali jenis jenis ikan hias yang ada di indonesia, dan untuk para penggemar ikan hias juga tak kalah banyak.

Ada sekitar 1.100 spesies ikan hias air tawar yang diperjual belikan secara global. Dari jumlah itu, negeri kita sendiri ada 400 spesies ikan hias. Namun hanya seperempatnya saja yang populer di masyarakat.

Jenis ikan hias yang paling mudah dibudidayakan yaitu jenis ikan hias air tawar, karena selain mudah perawatannya juga perlu sedikit modal saja dibandingkan dengan ikan hias air laut yang memerlukan modal sangat banyak dan perawatan yang cukup sulit.

Ikan arwana dan cupang merupakan jenis ikan asli indonesia atau istilah kerennya makhluk pribuminya indoUntuk koki, koi, discus dan guppy merupakan ikan dari negara luar dan sangat populer di indo.

Jenis Ikan Hias paling populer

Tidak semua ikan hias dibudidayakan secara banyak, hal ini berkaitan dengan tingkat pasar dan juga tingkat kesulitannya. Berikut ini beberapa jenis ikan hias air tawar yang paling sangat populer dan diperdagangkan secara meluas di Indonesia:

1. Ikan koi


Jepang merupakan negara pertama kali yang mempopulerkan jenis ikan ini. Ikan koi yang bernama latin Cyprinus carpio L. Para penangkar ikan hias di jepang Sekitar tahun 1820-an Sengaja mengawinkan ikan mas dan hasil keturunannya pun menjadi warna warni ada yang merah dan putih, hingga kini ternakan ikan mas tersebut sangat banyak varian nya yang sekarang kita kenal dengan ikan koi.

Ikan koi sangat di anjurkan untuk dipelihara di kolam bukan di aquarium karena keindahan pada warnanya jika kita melihat dari atas akan sangat terlihat cantik, selain itu ikan tersebut juga memiliki kebiasaan untuk berenang ditempat yang luas, karena gampang stress.

2. Ikan cupang


Ikan Betta sp. Atau yang lebih dikenal dengan ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling fenomenal karena ikan ini sangat disukai banyak orang akan warnanya nan cantik cantik.dan untuk pemeliharaannya pun tak perlu mengeluarkan biaya yang besar, cukup pelihara dalam toples saja ikan tersebut sudah sangat bisa beradaptasi dengan baik.
Ikan cupang ini sangat agresif, hati-hati jika ingin meletakkan ikan ini di aquarium yang ada ikan sensitif karena bisa saja mati ikan tersebut di ganggu oleh ikan cupang. Ikan ini biasa dijadikan ikan aduan karena sifat agresifnya tersebut.

Jenis-jenis ikan hias air tawar yang paling cantik

3. Ikan arwana


Nah jika mendengar nama ikan ini, sungguh tidak asing bukan? Bahkan artis indo saja ada juga yang memakai nama arwana tersebut. :D Ikan yang bernama latin Scleropages sp. Bisa ditemukan di perairan air tawar Kalimantan dan Papua. Dahulu, ikan arwana didapat dari perburuan di alam bebas. Namun saat ini sudah bisa dibudidayakan karena telah banyak ternakannya.

Harga ikan arwana ini bermacam macam, bahkan untuk penghobinya ada yang rela merogoh kocek di atas 5 juta hanya untuk memiliki ikan tersebut. Wah, harga yang fantastis bukan untuk seekor ikan? Sangat mahal dari smartphone saya :D

Jenis-jenis ikan hias air tawar kawin silang

4. Ikan koki


Nah, selanjutnya Ikan koki yang sebelumnya teah kita bahas di atas, ikan yang bernama latin Carrasius auratus. Walaupun jepang pertama kali yang punya ide untuk ternakan ikan koki ini namu faktanya negara cinalah yang mempopulerkan Pertamakali sebagai ikan hias.

Untuk lokal saja seperti jawa timur, bisa menghasilkan ternakan sekitar 55 juta ekor pertahunnya. Begitu banyaknya hasil produksi tersebut tidak terelakkan lagi bahwa ikan koki juga sangat populer di indonesia.

Ikan Hias

5. Ikan guppy


Untuk ikan lucu satu ini negara asalnya amerika. Ikan ini cenderung gampang beradaptasi dan dalam perkembangbiakannya sangat cepat sekali. Karena faktor mudah adapatasi tersebut ikan ini cepat terkenal diseluruh dunia.

Di indonesia sendiri ikan hias guppy ini mulai dikenal sekitar tahun 1920-an. Proses reproduksi ikan Guppy sendiri yaitu kawin dengan memasukan organ gondopodium yang berada pada sirip anal ke dalam organ telur betina.

Ikan betina mempunyai kemampuan untuk menyimpan sperma dalam tubuhnya. Sehinga bisa hamil hingga 3 kali dalam satu kali perkawinan. Jarak antar kehamilan berlangsung 1-5 minggu. Seekor indukan betina dapat menghasilkan sekitar 30-100 burayak dalam satu kali kelahiran.

Ikan hias air tawar

6. Ikan louhan


Tahukah kamu bahwa Ikan louhan ini merupakan hasil kawin silang dari chicild. Ikan ini tidak bisa sembarang ditemukan di alam bebas. Untuk negara yang pertama kali mempopulerkan ikan ini adalah malaysiaOrang-orang menyukai ikan ini karena sisiknya yang cantik dan  terdapat benjolan dikepalanya.

Ada fakta yang mengejutkan dari ikan cantik ini, bahwa ikan ini sering mendapatkan kritikan apabila di lepas keperairan umum, kenapa demikian? Karena ikan ini sejenis ikan cupang, agresif? Ya bisa dibilang begitu, yang mengejutkan lagi bahwa ikan ini menjadi predator bagi ikan lainnya yang ada diperairan umum. Hmm, yang cantik selalu kejam ya?

7. Ikan discus


Ikan yang berasal dari amazon ini disebut ikan discus karena bentuknya seperti piringan kaset atau disk (disc) warna yang rupawaan membuat ikan ini bisa membuat kagum bagi yang melihatnyaIkan ini dikenal Rajanya ikan Aquarium, karena Pembawaan ikan hias air tawar ini sangat tenang dan gerakannya lembut, Untuk ukurannya saja ada yang 15cm loh guys.

Kelemahan ikan si raja aquarium ini karena ikan ini tergolong mudah stress, jadi bagi penghobinya harus telaten dalam merawatnya.

Demikianlah artikel mengenai fakta ikan hias dan juga membahas Jenis-jenis ikan hias air tawar. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua, silahkan bantu share ya untuk kerabat lain agar juga bisa membaca artikel ini. Terimakasih telah membaca artikel ini. Salam dari penghobi ikan hias.

3 comments:

  1. KISAH NYATA…………..
    Ass.Saya Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor HJ BASKORO,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari HJ BASKORO alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih HJ,mau seperti saya silahkan HJ BASKORO di nmr 085217344419 HJ BASKORO,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR
    WhatsApp 085217344419
    Kirim ke nomor ini : 085217344419
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS .

    ReplyDelete
  2. Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi kunjungi website kami http://bit.ly/2Pu5xNo

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya, jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2MBC6vZ

    ReplyDelete